Rabu, 23 April 2014


Manfaat Daun Kemangi

Manfaat daun kemangi pada dasarnya sama dengan manfaat berbagai  jenis sayuran lainnya karena di apapun jenis sayurannya pasti mengandung nutrisi dan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Perbedaannya mungkin terletak di bagian organ tubuh mana nutrisi dari setiap sayuran itu akan berperan. Misalnya manfaat daun pepaya sangat baik bagi kesehatan wajah kita, karena dengan menggunakannya sebagai masker wajah alami merupakan salah satu cara menghilangkan bekas jerawat dengan alami.

Manfaat daun kemangi sangat banyak untuk tubuh dan kesehatan baik untuk laki-laki atau perempuan. Sebut saja khasiat daun kemangi ini untuk meredakan demam, kesehatan mata, mulut, melancarkan ASI, sampai dengan mencegah menopause, berikut detil manfaatnya :
Meredakan Demam
Manfaat daun kemangi untuk meredakan demam yang dialami oleh balita dapat kita dapatkan dengan cara ambil beberapa daun kemangi setelah itu remas daun kemangi bersama bawang merah serta minyak kelapa. Jika sudah, oleskan semua ke perut, dada, dan punggung balita.
Kesehatan Mata dan Mulut
Manfaat daun kemangi untuk mata sangatlah baik karena daun kemangi mengandung banyak vitamin A yang merupakan satu dari fungsi vitamin yang diperlukan oleh tubuh sehingga dengan mengkonsumsi daun kemangi, manfaat yang kita dapatkan adalah dapat meredakan bagian mata yang lelah serta mencegah gangguan pada matalainnya. Selain bermanfaat untuk mata, daun kemangi juga dapat membuat mulut menjadi lebih segar dan tidak berbau.
Melancarkan ASI
Manfaat daun kemangi bagi ibu yang sedang dalam program ASIX (pemberian ASI  selama 6 bulan) adalah dapat melancarkan aliran ASI sehingga bayi akan tidak kekurangan asupan gizi yang mereka dapatkan ketika meminum ASI.
Mencegah Menopause
Dengan mengkonsumsi daun kemangi, salah satu manfaat daun kemangi yang akan dirasakan ketika umur sudah tidak lagi mudah tentu akan kita dapatkan. Karena banyak survey serta penelitian yang mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi daun kemangi yang mengandung zat triptofan dapat mencegah menopause atau pengapuran tulang.
Mencegah Batuk
Negara Thailand memakai kemangi sebagai bumbu masak dan di India daun kemangi di seduh menjadi teh. Hal itu dilakukan oleh kedua negara tersebut karena adanya kepercayaan bahwa manfaat daun kemangi sangat ampuh untuk mencegah batuk danpilek saat pergantian musim tiba.
Mengatasi Stroke
Manfaat daun kemangi juga dapat dirasakan oleh penderitapenyakit stroke karena dengan mengkonsumsi kemangi terbukti dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi. Daun ini juga dapat membantu terapi stroke ringan di rumah agar dapat membantu proses penyembuhan para penderita stroke.

Manfaat Daun Kemangi Menurut John Henry M

Menurut John Henry M, daun kemangi bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan pada saluran pencernaan serta nyeri pada payudara. Zat flavonoid yang ada dalam daun kemangi dapat bermanfaat sebagai obat antibiotik alami. Daun kemangi juga mengandung betakaroten dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung manusia.

    0 komentar:

    Posting Komentar