Rabu, 23 April 2014

Manfaat Bawang Putih


Manfaat bawang putih yang tak terduga ini ternyata tidak hanya sekedar digunakan sebagai bumbu masakan. Lebih dari pada itu, bawang putih termasuk tanaman herbal yang baik untuk kesehatan layaknya tanaman apotek hidup seperti kunyit, jahe, lengkuas dan sebagainya. Bawang putih sendiri memiliki bau yang khas dan cukup menyengat sehingga membuat orang enggan untuk mengkonsumsinya. Padahal di balik baunya yang sedikit tidak enak, menyimpan khasiat bawang putih yang tak terduga. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Bawang putih termasuk ke dalam klasifikasi jenis sayuran kelas genus Allium atau disebut tumbuhan berbentuk umbi yang berlapis atau siung dan bersusun. Di dalam bawang putih terkandung sejumlah zat yang bekerja seperti zat kimia obat-obatan dari reaksi kimianya.
Kandungan Bawang Putih
Dalam bawang putih ditemukan senyawa kimia yang melakukan aktivitas biologi yang dapat dimanfaatkan sebagai obat, diantaranya sebagai berikut :
·         Zat antibakteri yang ditemui pada manfaat daun sirih seperti Alliin dan y-glutamilsistein, juga diduga banyak terkandung dalam siung-siung bawang putih.
·         Kandungan minyak atsiri pada bawang putih berguna sebagai antiseptik alami, sehingga banyak digunakan sebagai campuran cairan pembersih alat reproduksi wanita terluar.
·         Beberapa zat aktif seperti scordinin, nicotinic acid, awn, enzim alinase, germanium, awcin,sinistrine dan selenium juga banyak terdapat pada bawang putih

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Menurunkan Tekanan Darah
Bawang putih dapat mengendalikan aliran peredaran darah, bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi). Khasiat bawang putih juga berperan dalam mempercepat pembekuan darah pada pembuluh darah. Caranya : konsumsi 3 siung bawang putih  2 kali sehari, pagi dan sore. Lakukan dengan teratur selama kurang lebih 1 minggu.
Antibakteri alami
Dalam beberapa penelitian, bawang putih digunakan sebagai antibakteri dan antijamur. Sifat anastesi akan menyembuhkan infeksi bakteri misalnya digunakan sebagai obat sakit gigi alami.
Menghilangkan jerawat
Jerawat pada wajah yang membandel terkadang sulit dihilangkan bahkan dengan penggunaan obat-obatan kimia. Manfaat bawang putih ternyata mampu digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami yang ampuh dan menghilangkan bekas luka jerawat tersebut.  Manfaat antioksidan pada bawang putih akan membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegahnya kembali.
Caranya : bawang putih matang di iris menjadi 2 bagian. Kemudian dalah satu irisan bawang putih digosokkan pada jerawat secara perlahan.
Anti peradangan
Bawang putih memiliki sifat anti inflamasi atau peradangan. Hal ini terbukti pada khasiat bawang yang mampu mengurangi infeksi pada penyakit kulit. Untuk mengurangi peradangan pada kulit, olesi sedikit minyak bawang putih dari irisan bawang putih pada untuk cara menghaluskan kulit yang terinfeksi.

Efek Samping Pada Manfaat Bawang putih

Berbagai pengobatan alternatif ataupun tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami ini memang belum banyak diuji secara klinis melalui ilmu kedokteran. Jadi penggunaan bawang putih sebagai pengobatan perlu dikaji lebih dalam mengenai manfaat dan efek sampingnya. Sehingga penggunaan bawang putih, daun salam dan berbagai jenis tanaman herbal lainnya harus tetap dalam pengawasan tenaga medis.


0 komentar:

Posting Komentar